Workshop Kolaborasi Pengembangan Cluster Wisata Di Kecamatan Pasawahan

workshop kolaborasi Pengembangan Cluster Wisata Di Kecamatan Pasawahan di Aula Bojek Wisata Talaga Nilem

Kuningan - Road Map Pasawahan sebagai kawasan pengembangan cluster wisata ke-dua di Kabupaten Kuningan terus dilakukan secara simultan. Infrastruktur pendukung terus dibangun sejak pelebaran jalan, pembangunan Kebun Raya Kuningan, Desa Wisata hingga pembangunan Terminal wisata di Desa Paniis. Infrastruktur yang sudah, sedang dan akan disiapkan tentunya harus terintegrasi dalam sebuah cluster wisata. Tujuannya agar memberikan pengalaman yang lengkap para wisatawan. Bagi masyarakat sekitar tentunya dapat menumbuhkan peluang bisnis baru seiring dengan banyaknya wisatawan.

Sebagai upaya percepatan tercapainya tujuan tersebut, maka seluruh unsur terkait telah melakukan workshop pada hari Rabu (10/6/2020) di aula Objek Wisata Talaga Nilem dengan tema “Membangun Desa Pinunjul melalui Integrasi dan Kolaborasi dengan semua Stakeholder menuju Kuningan Maju Berbasiskan Desa.” Turut hadir dalam workshop tersebut unsur Pemerintah Kabupaten Kuningan, Camat dan Pemerintahan Desa sekecamatan Pasawahan, pengelola objek wisata sekecamatan Pasawahan, Polsek, Koramil dan TNGC. Perumda Aneka Usaha bertindak sebagai tuan rumah bagian dari unsur Pemda Kabupaten Kuningan dan pengelola objek wisata.

Bertindak sebagai keynot speaker Asisten Pembangunan dan Ekonomi Dr. Deni Hamdani MSi. Dalam sambutannya mengatakan bahwa "kebudayaan kita sudah mengenal silih asah, silih asih, silih asuh." Ketika menyelesaikan sesuatu maka sudah terbiasa dengan gotong royong. Oleh karenanya untuk membangun dan mengembangkan cluster wisata di Pasawahan tentunya tidak akan sulit. Pada kesempatan lain Kepala Dinas Perhubungan, Jaka Chairul MSi menambahkan bahwa Dinasnya siap berkolaborasi tanpa diminta sekalipun. Kemudian diperkuat oleh Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata dengan memberikan dukungan dan motivasi penuh dalam pengembangan cluster wisata di sekitar Pasawahan. Terlebih Dinas yang dipimmpinnya memiliki motto Jaya Pemudanya, Maju Oleh Raganya, Indah Wisatanya, Damai Warganya.

Lebih jelas disampaikan oleh Dr. Nana Sutisna, MM bahwa cluster wisata yang dimiliki dapat dikolaborasikan melalui terminal wisata di Paniis. Terminal wisata berfungsi sebagai pusat informasi, produk handycraft, melayani tiket dengan pemandu wisata yang akan menumbuhkan usaha transportasi, kuliner, homestay dan sederet bisnis turunan lainnya. Seperti diketahui bahwa setiap Desa di Kecamatan Pasawahan memililki potensi yang sangat bervariatif. Desa Paniis memiliki mata air Cipaniis, Hutan Kota, Embung, Kolam renang dan penginapan. Desa Cimara memiliki potensi kuliner dan oleh-oleh. Desa Cibuntu dengan beberapa objek yang tergabung dalam manajemen Desa Wisata. Singkup memiliki 1001 Tangga Manguntapa dan Lebak Singkup. Pasawahan dengan Cisamaya, Cikajayaan, Bukit Kahiangannya. Padabeunghar dengan Kebun Raya Kuningan, Batu Luhur dan Bukit 1001 Bintang. Kaduela dengan Talaga Biru, Talaga Deleg, Talaga Remis, Talaga Nilem dan Batu Karang. Belum lagi cluster pendukung wilayah perbatasan di Kabupaten Cirebon. Semua hal tersebut menjadikan modal dasar untuk dapat memberikan hasil yang lebih maksimal tentunya untuk perekonomian masyarakat sekitar.

Dengan kegiatan tersebut maka diharapkan semua unsur masyarakat terutama Pemerintahan Desa dan para pegiat wisata dapat menyadari bahwa kemajuan dan pengembangan wisata tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Pekerjaan besar ini dapat sukses apabila dilakukan secara bersama-sama.

Super Administrator

IG @visitkuningan, YT visit kuningan, Twitter @visitkuningan, FB visitkuningan

Tinggalkan Komentar

Komp. Taman Cirendang
Jl. Siliwangi No.9 Cirendang, Kab. Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
Phone: 0232-888-1389
Fax: 0232-888-1389
Email: info@pdaukuningan.co.id

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: